Jumat, 24 April 2015

7 jam berlibur singkat di Bandung

Balik lagi ke Bandung (hehe demen)...

Long weekend kali ini saya dan suami akhirnya menghabiskan liburan seharian di Bandung tanpa menginap. Masih dalam euforia Konferensi Asia Afrika tanggal 24 April lalu kemudian kami memilih seputar Jl. Asia Afrika - Braga sebagai tujuan wisata kali ini. Mumpung masih hangat dekorasinya, walaupun kemarin sempat ada kasus pengrusakan kecil atas fasilitas umum disana. Untungnya sehari sebelum kami berangkat, ada kegiatan kerja bakti membersihkan dan memperbaiki fasum yang dirusak itu. Walaupun pas kesana si "bola dunia" masih dalam tahap perbaikan gara-gara nama negaranya banyak yang dicopot... aah kecewa.



Pagi-pagi sekali kami bersiap ke Stasiun Bekasi, dijadwalkan berangkat jam 06.57 tapi sayangnya si Argo Parahyangan terlambat dan baru datang jam 07.45. Alhamdulillah perjalanan lancar dan sampai di Bandung jam 11:00 dari yang dijadwalkan jam 09:52 karena molor tadi, yach keburu siang deh. Keluar melalui Pintu Selatan, yang tadinya mau ngangkot ke Alun-alun eh ternyata salah arah, jadilah kami berjalan kaki sedikit tau-tau sampe Pasar Baru (baru tahu haha...) Makin gak jadi lagi ngangkot dan milih berjalan kaki sambil cuci mata, sempetin juga ngemil kue cubit dulu. Berhubung cuaca panas isenglah saya dan suami ngebecak dengan ongkos sepuluh ribu ke Masjid Raya, sebenarnya dekat sih kalau mau jalan kaki juga cuma ya itung-itung melestarikan becak lah.

Masjid Raya Bandung






 Sampai di Masjid Raya, masih sempet ngerasain rumput sintesis hihi norak.. padahal lagi panas terik. Terus langsung masuk ke Masjid karena sebentar lagi adzan dzuhur berkumandang dan kami gak mau ketinggalan sholat berjamaah. Masjidnya luas banget sampe ada 3 kubah, sayangnya pas kesana kami lupa mau naik menara. Mungkin itu artinya kami harus balik lagi kesana. Setelah selesai sholat kami kembali lagi ke lapangan rumput sintesis untuk berfoto-foto. Jalan kaki ke arah Braga melalui Jl. Asia Afrika, Jl. Naripan dan Jl, Tamblong. Seru loh pop-art yang lagi dipajang disini, terus banyak bangku-bangku juga. Jadi warga bisa pada duduk ngobrol seru, ada orangtua yang sambil nyeritain sejarah Konferensi Asia Afrika ke anak-anaknya. Hebat ya Ridwan Kamil, walikota Bandung, bisa menyalurkan sejarah dengan apik kepada masyarakatnya.


Rasa Bakery - Jl. Tamblong, Bandung.
Kami berhenti di Rasa Bakery untuk makan siang, restoran dengan nuansa Belanda, yang mirip Ragusa di Jakarta tapi lebih seru. Banyak pilihan untuk roti dan kue-kuenya, ada juga eskrim homemade yang enak bangeet. Suami memilih Laksa yang katanya disini favorit banget, tapi pas saya icip kok biasa aja dan gak ada daun kemanginya, hmm bukannya Laksa itu identik dengan kemangi ya?. Saya sendiri memilih Selad Solo, nah kalau yang ini enak banget. Dagingnya empuk, sayurannya pas, kuah dan mustardnya seger banget.. Sebagai penutup ada Hawaian Love Songs, yaitu 3 scoop eskrim yang tertata manis di atas setengah buah Nanas plus potongan buah segar dan sekeping biskuit...yum segeer. Eskrimnya terdiri dari rasa pisang, vanilla dan strawberry. Yang strawberry ini ada sedikit potongan buah stroberi aslinya, makanya seger banget. Kalau diliat-liat yang makan disini usia 40thn keatas loh, semacam nostalgia ya mereka kesini hehe.. ada juga family sih, bawa anak-anak untuk makan eskrim.





Setelah selesai makan, tidak lupa membeli camilan untuk di perjalanan pulang nanti. Saya beli kue-kue kecil dan sekotak Apple Strudel untuk oleh-oleh, Apple Strudelnya enak banget loh..asem-asem seger. Kami kemudian berjalan kaki lagi ke kiri, sekitar 250 m sudah ketemu Jl. Braga.

Sumber Hidangan - Jl. Braga, Bandung
Selalu seru menikmati jalanan Braga, trotoarnya yang bersih dan rapi, ditambah dengan kursi-kursi penyemarak Konferensi Asia Afrika 2015. Cuacanya lagi mendung nih, berhubung tadi beli eskrim cup "Rasa" jadi kami duduk-duduk dulu sambil menikmati frambozen eskrim yang enak banget. Sambil melihat-lihat pertokoan, mata saya mencari-cari toko kue Sumber Hidangan. Gak ada plang tokonya, yang saya lihat hanya satu tempat yang isinya kursi dan meja makan jadul mirip restoran di Ragusa. Saya pede aja masuk, terus berjalan ke etalase kue eeh ternyata bener ini tempatnya si toko kue belanda Sumber Hidangan. Wangi rotinya enak banget, ada khasnya yang berbeda dengan wangi roti-roti modern sekarang ini. Saya membeli 2 ons Bookepotjes, 1 ons kue coklat kacang dan 1 slice cake kacang almond. Bener-bener otentik banget tempatnya, mesin kasir, mesin timbangan dan etalasenya peninggalan jaman Belanda. Bahkan yang melayani sampe petugas kasirnya sudah oma-oma. Kue-kue yang saya belipun dibungkusnya pakai kantong kertas. Total belanja disini Rp 85.500,-




Selesai dari sini masih siang dan agak lama ke waktunya pulang. Cuaca Bandung lagi asik banget, mendung-mendung sejuk. Karena gak tau mau kemana lagi, akhirnya kita jalan kaki aja sepanjang jalan Braga entah sampai kemana. Mendung makin tebal, buru-buru nyetop Taksi, eh bener aja loh pas di dalem Taksi langsung beerr..hujan deras banget. Kita akhirnya memutuskan ke Pompidou Cafe di Jalan Ciliwung.

Pompidou Sweet & Savoury - Jl. Ciliwung No.14, Bandung
Gak jauh dari Cihapit/Cilaki/Cisangkuy, Pompidou ini bukan bangunan Cafe tersendiri, melainkan bangunan Butik yang didalamnya ada cafe keciiil sangat (hehehe saking mininya, karena pas kami kesana cuma ada 3 meja dan full). Cuaca masih hujan, sempet agak bete sih karena sampai disana mbaknya gak ngasih meja, kami sibuk sendiri geser-geser meja. Kebetulan sisa yang kosong di teras belakang, hanya ada 2 meja. Karena hujan, terasnya bocor jadi mejanya mesti digeser, dan mereka gak helpfull. Parahnya lagi, 1 meja tersisa (yang gak bocor) dipake sama SPG buat ngerokok..hiks sedih banget. Udah mana kebocoran eh bau asap rokok pula, dan mereka nyantai aja gitu. Saya gak bisa komplen karena emang kondisinya kayak gitu, mau diapain lagi. Cuma bisa berdoa sekenceng-kencengnya supaya para perokok selesai dan saya bisa ngemil dengan tenang. Hujan deras dan gak punya tujuan, bikin kami terperangkap disitu. Ya sudah ngeteh sore ngangetin badan dan ngemil red velvet cupcakes. Duh maap ya, so far reviewnya cuma "Red Velvetnya enak bangeeet". Untung enak, setidaknya bisa menghapus kekecewaan saya atas pelayanan Pompidou. Next kalaupun ngidam sama kue-kuenya Pompidou, saya pilih take away aja.

Selesai dari Pompidou ceritanya mau ke Jl. Lombok atau Riau, eeh mbaknya gak ngerti arah doong. Ya udah kami coba iseng jalan kaki menyusur sendiri. Jalanan macet dimana-mana, eh terus kami hilang arah hahaha makin gak jelas juntrungannya. Ya sudah nyetop Taksi deh buat langsung ke Stasiun. Sampai di Stasiun sebelum Maghrib, istirahat di Mushollanya trus sholat Maghrib, makan malam bakso seadanya sampe saat kereta kami tiba. Yup jam 20:00 akhirnya kereta kami bergegas meninggalkan Bandung, udah ngantuk sangaat pengen segera rebahan di kamar sendiri.


    
  

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar