Minggu, 03 November 2013

Pulang Kampung Day 1 (Yogya)

Ceritanya nih, semua rombongan yang mau mudik ke Yogya sudah tiba di meeting point a.k.a Bekasi Timur Sabtu 2 November jam 09 malam... tetapi katanya tanggung, jadinya ketua rombongan meminta untuk tidur saja dan baru berangkat jam 3 pagi.
Ya sud, saya tumplek blek bapak-ibu ponakan molor duluu.....

Minggu, 3 November 2013
Agak sedikit menyayangkan kenapa baru berangkat minggu pagi, soalnya pasti jadinya jatah jalan-jalan kepotong. Tapi ya sudahlah daripada gak berangkat kaya tahun lalu... lebih baik molor daripada tidak sama sekali.
Jam 3 pagi, kami semua di-bangun-in, siap-siap, masukin bagasi, perbekalan, ina ini itu. Pas set 4 kami konvoi 2 mobil berangkat dari Bekasi Timur menuju Yogya, bismillah. Persis jam 4 kita mampir di Rest Area Cikampek untuk Sholat Subuh dan berangkat lagi udah mau jam 5. Rutenya cikampek - indramayu - cirebon - masuk tol palimanan eeh keluar-keluar Tegal pemirsah... dan kita baru tahu ada tol baru yang juga bisa keluar langsung Purwokerto atau Semarang *lupa*, Pantes tolnya mahal banget Rp 21.500,- ternyata jauh dan sepi... udah kayak di Luar Negeri aja, di Jalanan antah berantah cuma ada 2 mobil.
Sekitar jam 11-an, driver yang satu minta istirahat akhirnya kita beristirahat dulu sejenak di Masjid Asy Syuhada - Pekalongan sambil menunggu waktu Dzuhur tiba. Kebetulan didepannya mangkal tukang somay, saya brunch dulu deh mengingat belum sarapan dan nanti juga belum tentu ketemu makan siang :)
sunrise di Jl. Patokbeusi - Indramayu
Lanjut lagi menuju Semarang, saya di mobil udah ngantuk berat dan gak tau deh rute mana yang dilewatin.. bangun-bangun udah di Semarang aja. Jam 3 mampir makan siang di depan kampus poltek semarang, lupa namanya pokoknya cuma seketemunya aja, itupun cuma makan ayam goreng dan ngemil es potong Nyonya Besar. Lanjut masuk tol Banyumanik trus lewatin Ambarawa - Magelang.

Magelang di depan mata - pemandangan tol banyumanik semarang
Tadinya mau nginep di Magelang, selain udah masuk Maghrib karena pengen suasana dingin tapi karena tanggung akhirnya diterusin sampai ke Yogya. Huaah macet banget, jadilah sampai kota Yogya jam 9an dan langsung aja check-in di Hotel Limaran disekitar Malioboro.

pintu kamar Hotel Limaran - sentuhan tradisionil dan otentik yg kuat

di Hotel Limaran ini kami pesan 1 kamar isi 4 single bed plus extra bed 1 seharga Rp 400.000,- Kamarnya luas, ada tv, kulkas. Didepan kamar ada beberapa meja makan tua dan tersedia dispenser plus gula, teh dan kopi...asyik yaa. Besoknya kita dapet sarapan nasi uduk, opor ayam, orek tempe lengkap (berupa kotakan). Hotelnya ternyata bekas perpustakaan makanya sentuhan kunonya kuat banget, sampe-sampe kakak saya yang perempuan gak berani nginep disini dan memutuskan untuk menginap di hotel lain aja haha... jadi yang ngumpul disini cuma saya, bapak, ibu, abang saya, istrinya, mertuanya, adiknya dan 4 anak-anaknya.

Pagi harinya, kami berjalan kaki menyisir pasar Beringharjo dan Malioboro. Saya, Bapak dan Ibu nemenin bocah-bocah berkeliling Keraton naik Delman, sementara yang dewasa asyik belanja.

Pagi di seputaran Malioboro

Meeting point terakhir di Mirota, dimana tempat favorit saya belanja kalau ke Yogya. Sampai Mirota jam 9 dan saya baru tau klo Mirota sekarang jam 8 pagi sudah buka... waduh mana pas pagi kosong banget lagi jadi bisa leluasa hunting. Pas saya masuk aja gak lama berrr orang-orang berdatangan. Dan saya ubek-ubek bagian peralatan rumah tangga, huaa naksir sama tikar, bed cover, sprei, coaster, talenan, nampan, mangkok, piring-pring tradisional, dll *naluri emak-emak mulai hadir*
doain mudah-mudahan bisa nyicil-nyicil yaa buat di rumah masa depan... amin

Selesai belanja jam 12an, balik ke Hotel untuk check-out trus Sholat Dzuhur di Masjid Gede - Keraton, beli Gudeg Yu Djum di Wijilan terus ke Bantul ke rumah mbah.. Alhamdulillah sampai di Bantul disambut hujan besar, asyiik...wangi rerumputan dan adem. Jam 4 sore saatnya nyekar ke makam yang gak jauh dari rumah.
Mendoakan almh. Ibu saya, Mbah uti dan Mbah kung, Budek, keponakan, yang memang di satu area pemakaman keluarga. Pulangnya mampir ke Mbok Tumpukdi dekat Pasar Bantul, bakpia langganan keluarga saya dan langsung borong oleh-oleh makanan. Beruntung banget ternyata besok tokonya tutup, padahal tdnya baru mau kesana besoknya. Abis itu ke kerajinan kulit Manding,yang gak jauh dari rumah Mbah pada borong sepatu, ikat pinggang, dompet lumayan murah sih... capek banget, sampe rumah langsung tidur mumpung adem karena seharian Yogya hujan.